Hari Ini:

Jumat 29 Oct 2021

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 17.00

Telpon:

021-84984719

SMS/Whatsapp:

0815-1055-7010

Email:

berkahjayameat@gmail.com

Di Balik Keunggulan Daging Sapi Australia

14 Juli 2021 - Kategori Blog

Para penyuka daging pasti mengenal daging produk negara Australia. Kualitas dan mutu daging produksi Australia sudah terkenal secara internasional sebagai salah satu daging berkualitas terbaik di dunia.

Dalam soal pemilihan protein yang sehat, daging sapi Australia tanpa lemak selain lezat juga menjadi pilihan sehat untuk meningkatkan kebutuhan protein berkualitas tinggi. Dengan sistem peternakan Australia yang menggunakan padang rumput sebagai tempat penggembalaan, produk daging sapi Australia menjadi rendah lemak dan secara alami mengandung 13 nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan, antara lain zat besi, mineral, Omega 3 dan vitamin B12.

Daging sapi Australia merupakan salah satu produk terbaik yang mengandung zat besi dan mineral, yang kandungannya lebih baik daripada yang ditemukan dalam produk makanan nabati. Zat besi penting untuk energi, fungsi otak, perkembangan dan pertumbuhan terutama pada balita dan anak-anak.

Tidak hanya itu, daging sapi Australia juga terkenal rendah lemak karena ternak sapi hidup di padang rumput, lemak yang ada adalah lemak sehat yang mengandung asam lemak omega-3, yang sama sehatnya dengan lemak yang ditemukan pada ikan.

Keunggulan daging sapi Australia tersebut dikarenakan beberapa hal sebagai berikut:

Kualitas Standar Internasional

Sebagai salah satu negara pengekspor daging dan ternak, Australia termasuk ketat dalam pengawasan kualitas mutu produk yang dihasilkannya. Standar yang digunakan yaitu keunggulan MSA (Meat Standards Australia) atau Standar Daging Australia. Standar ini bahkan dijadikan standar untuk penghargaan kualitas bertaraf internasional bagi para peternak dan pengusaha pertanian di negara Australia.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesadaran praktik manajemen terbaik MSA agar secara konsisten menghasilkan daging berkualitas tertinggi untuk kepentingan konsumen dan profitabilitas industri.

Berkat program Standar Daging Australia (Meat Standards Australia, MSA) ini, industri daging dan ternak Australia menjadi produk terbaik dunia, dengan memberi informasi lengkap mengenai kondisi dan cara pengolahan daging hingga sampai pada konsumen. Dengan memastikan hal tersebut, kualitas daging pun sudah pasti terjamin.

Dengan kualitas terbaik inilah, sudah dapat dipastikan bahwa kualitas rasa dan nilai gizi yang terkandung di dalam daging Australia juga terjaga dengan baik.

Standar ini juga memudahkan bagi para calon pembeli untuk memeriksa kualitas daging sapi Australia kelas MSA.

Standar Kesejahteraan Hewan

Selain kualitas produksi, Australia juga menerapkan aturan ketat dalam soal pemeliharaan hewan, terutama hewan penghasil daging. Pada tahun 2005, Dewan Industri Daging Australia atau Australian Meat Industry Council (AMIC) mengembangkan perubahan Standar Kesejahteraan Hewan Nasional untuk Perusahaan Pengelolaan Ternak, yang diperbaharui setiap empat tahun sekali, dengan tujuan untuk menjadi patokan standar yang terbaik dalam industri peternakan sehingga memperlakukan hewan ternak secara etis dan manusiawi untuk persiapan pemasaran daging yang berkualitas.

Tak hanya itu, ada pula Standar dan Pedoman Kesejahteraan Hewan Australia khusus untuk sapi. Standar ini diselaraskan dengan pengetahun ilmiah, sebagai praktik terbaik dalam pemeliharaan hewan ternak.

Kondisi alam Australia juga turut menjaga kualitas produk daging sapi berkat lingkungan penggembalaan yang alami, berkelanjutan dan bebas stress pada hewan ternak. Sapi Australia dibesarkan dalam lingkungan terbuka berupa padang rumput luas yang terjaga kondisi rumput dan alam sekitarnya, sehingga memaksimalkan kualitas produk dagingnya.

Ketahanan lingkungan ini dipertahankan dengan mengurangi emisi gas rumah kaca sejak tahun 1990, yang dilakukan oleh industri peternakan Australia.

Standar Sertifikasi Halal Daging Australia

Australian Federation of Islamic (AFIC) atau Federasi Islam Australia menjadi lembaga pemegang otoritas utama yang menentukan standarisasi dan pengawasan produk makanan yang dibeli oleh umat muslim.

Halal menurut Australian Food and Grocery Council, adalah:

“Bebas dari kandungan yang diambil atau diekstrak dari hewan yang diharamkan (misal, Babi, anjing, hewan karnivora, hewan yang tidak disembelih sesuai syariat  Islam); dibuat, diproses, diproduksi dan atau disimpan dengan menggunakan peralatan, perlengkapan dan atau mesin yang telah dibersihkan dengan menggunakan hukum Islam (misal, tidak dibersihkan dengan alkohol) dan bebas dari kontak dengan atau dekat dengan, zat-zat yang haram selama persiapan, pembuatan, pengolahan dan penyimpanan (mis. Darah, alkohol, tanaman beracun dan memabukkan serta serangga seperti cacing dan kecoa)”

Sertifikasi halal ini diaplikasikan dalam hubungan perdagangan daging sapi Australia ke negara-negara dengan masyarakat mayoritas muslim, termasuk Indonesia. Maka bisa dipastikan, produk daging sapi Australia telah melalui proses sertifikasi halal dari lembaga AFIC yang bekerjasama dengan MUI.

Keamanan Produk Makanan

Daging sapi Australia melewati proses standar keamanan pangan dan kesehatan hewan yang diakui terbaik secara internasional.

Selain itu, sistem rantai pasokan dan integritas produk daging sapi Australia terkenal paling terdata dengan baik. Inilah yang menjadi alasan produk daging sapi Australia sangat dicari oleh pasar internasional.

 

Berkat standar internasional dan sistem peternakan inilah yang menyebabkan daging sapi Australia memiliki keunggulan kualitas terbaik dalam kelas daging impor dunia internasional. Daging sapi Australia tak hanya berkualitas tinggi, tapi juga memiliki rasa yang alami dan baik untuk diet sehat seimbang, serta memiliki jaminan informasi produk yang terlacak dengan baik melalui sistem pendataan produk sesuai standar produk Australia.

 

iin